Pengantar Media Penyiaran

Device : perangkat keras ® S-M-C-R-E

Source             : sumber

Meset              : pesan

Cenel               : program

Resifere           : pendengar

Effect              : nampak

Macam form :

  1. Information
  2. Education
  3. Intertenment
  4. Publik Opini

Time Organited ; TV   : yang diukur durasi waktu atau memanage waktu

PH                               : Produksi House

Audiene Oriented       : berorientasi pada penonton

Time Spirit                  : tanda-tanda jaman ( membaca jaman )

Penyiaran adalah kegiatan penyelengaraan siaran TV atau Radio yang di selengarakan oleh institusi atau organisasi TV atau Radio.

Output dari TV atau Radio adalah siaran, ditujukankepada resifere TV atau Radio disebut source atau suber.

TEKNOLOGI INFORMASI

Bagaimana penerapan teknologi elektronika sehinga teknologi komunikasi dirancang kusus untuk keperluan proses komunikasi.

Frimofrifren : presentatif seseorang

Berbagai produk teknologi komunikator yaitu Radio maupun TV. Media elektronik ini memiliki kas yaitu penyajian, kecepatan, ketepatan, kepraktisan dan kwalitas didalam mencari, mengumpulkan,  menyeleksi, mengolah dan menyajikan informasi.

Delayed Feed Back ® tidak dapat di tunda ( kelemahan )

Dari hal yang terjadi di atas sebagai cirri kas medium TV atau Radio.

Proses penyelengaraan siaran TV atau Radio merupakan proses yang panjang, rumit tetapi harus berjalan diatas landasan polapikir secara tindakan yang cepat dan dinamis, praktis tepat dan berkwalitas. Hal tersebut di karenakan berkat dukungan teknologi atau informasi. Siaran tersebut dapat berlangsung 24 jam sehari.

Untuk mengatasi dampak harus ada perencanaan atau plening dan perencanaan atau progeming.

Setiap mata acaranya dipilih diproduksi maupun yang disiarkan itu harus melalui perencanaan yang sempurna sehingga dapat dinyatakan muncul julukan-julukan bahwa TV atau Radio is planning; televisi is paning ( tidak acak-acakan ).

Penyelengaraan TV atau Radio itu merupakan pekerjaan “team work” atau “pekerjaan selektif”.

Media Radio dan TV merupakan sarana proses komunikasi media massa ( mass media communication ).

Penyelengaraan siaran disebut communicator sedangkan Halayah / pemirsa / pembaca yaitu comunikan.

Pesan yang terdengar di Radio disebut komunikasi audio.

Pesan yang terdengar di TV disebut gerak dan sinkron Audio Visual.

Sasaran alayak dalam penyiaran bisa local, rejional, nasional bahkan internasional.

Selain itu dalam penyelengaraannya dalam bentuk :

1. Selektif Attention      : individu hanya akan memperhatikan isi pesan yang memang menarik pada dirinya.

2. Selektif Perseption     : individu akan mengartikan isi pesan sesuai dengan kemampuannya.

3. Selektif Retention      : individu hsnys mau mengingat isi pesan yang ingin dia ingat.

Semua itu bersifat Hakotoriter

Komunikasi dapat dibagi sifatnya menjadi 2 :

1. Secara etimologi ® Komunikasi secara umum dengan bahasa.

Cth : komunikasi antar manusia.

Konmunikasi berbagai macam ® secara etimologis atau umum

  • Tradisional : komunikasi antar manusia dengan Tuhan.
  • Fisik           : komunikasi yang menghubungkan antara tempat satu dengan yang lain.

Cth : komunikasi antar kota, daerah atau lingkup internasional.

2. Secara paradigmatic ® komunikasi untuk encari solusi-solusi.

Komunikasi ® proses penyampaian pesan atau lambing dari seseorang ke orang lain, agar orang lain dapat menerima pesan yang kita sampaikan.

Jenis Komunikasi :

® komunikasi secara lisan ( fase to fase )      = Listenabel

® komunikasi secara tulisan ( tulis )              = Writenabele

Gezeiting wessens chap          : Jerman

Jornalis                                    : AS          ýLISTENABLE

Kata-kata dalam penyiaran :

Cetak                           : majalah, koran.

Elektronik                   : TV, Radio.

Sindikasi                     : Jaringan.

Exemplar                     : lembar.

Oplah                          : bendel atau paket.

Separadise                   : keserampakan.

PROSES KOMUNIKASI

Komplek-komplek komunikasi adalah

– komunikator                    : orang yang menyampaikan pesan.

– pesan atau message         : pernyataan yang di dukung oleh lambing.

– komunikan                      : orang yang menerima pesan.

– media                              : saran atau saluran yng mendukung pesan, jika komunikasi jauh tempatnya atau banyak jumlahnya.

– effect                              : sebagai dampak permasalahan.

Tehnik berkomunikasi : cara penyampaian  pesan yang di sampaikan atau dilakukan oleh seseorang komunikator sedemikian rupa, sehinga menimbulkan dampak tertentu pada komunikasi. Pesan yang disampaikan komunikator adalah : “pertanyaan sebagai panduan antara pikiran dan perasaan” dapat berupa ide, informasi keluhan, keyakinan, himbauaan, ancaman dalam jangkauan komunikasi tersebut di bawakan oleh lambing, pada umumnya bahasa yang di pergunakan untuk menyalurkan pernyataan tersebut antara lain :

® Bahasa tubuh, gambar, warna ® disebut “Kiac” yang penting dalam berkomunikasi adalah bagaimana caranya agar suatu pesan yang disampaikan komunikator tersebut menimbulkan atau mengakibatkan dampak atau efeact tertentu dapa diri komunikasi, dampak yang di timbulkan itu dapat di klasifikasikan.

® D. kognitif :

yang timbul pada komunikan yang menyebabkan dia menjadi tau atau meningkatkan tingkat intelektualnya. Pesan yang disampaikan dari komunikator kepada pikiran komunikan atau dengan lain perkataan tujuan komunikator hanyalah berkisar pada upaya mengubah pikiran diri komunikan.

® D. efektif  :

lebih tinggi kadarnyadari pada dampak kognitif dalam komunikasi adektif tujuan komunikator bukan hanya sekedar supaya komunikator tetapi tergerak hatinya. Menimbulkan perasaan tertentu.

® D. bekabioral :

dampak yang timbul pada komunikan dalam bentuk tindakan atau aktifitas atau kegiatan.

Komunikasi bermedia : komunikasi  yang menggunakan saluran yang utuh tepatnya dan atau yang banyak jumlahnya.

Komunikasi bermedia itu tidak langsung atau andivet dan sebagai komunikannya arusbalik / umpan balik atau fad back tidak terjadi oleh karena itu dalam menayangkan komunikasi bermedia komunikator saja tetapi juga masyarakat luas. Contoh media massa yaitu TV dan Radio.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: