ASAS-ASAS DAN PERKEMBANGAN KOMUNIKASI MASSA

Komunikasi meliputi ber bagai dimensi salah satu diantaranya adalah komunikasi massa oleh karena itu asas-asas komunikasi massa yaitu asas-asas komunikasi massa itu sendiri dan perkembangan komunikasi massa adalah perkembangan komunikasi massa adalah perkembangan.

Komunikasi massa adalah perkembangan komunikasi itu sendiri dalam perkembangannya itu sendiri yang semula hanya merupakan gejala saja telah menjadi ilmu yang di namakan ilmu komunikasi atau communication seience juga di sebut comunicology.

Suatu ilmuyang sifatnya Interdisipliner yaitu ;

Ilmu komunikasi yang berkembang dari Zeitung Wissen Ehaff, diambil juga dari berkembangnya jurnalisme “makin lama makin memperkaya diri yang mempunyai rasa makin memperkaya diri, dimana decade semakin banyak ditegakkan teori sebagai hasil penelitian yang begitu banyak ditemukan di AS.

Diakuinya ekspitorsi ilmu komunikasi tersebut karena ilmu yang ada sebelumnya tidak semudah mempelajari atau menentukan dari gejala-gejala yang timbul atas produk teknologi moderen yang sangat besar pengaruhnya pada masyarakat, seperti Majalah, Surat Kabar, Radio, TV, Film, kemudian juga fax imail, internet, sebagainya.

Yangdipelajari ilmu komunikasi kemudian bahan hanya sekedar komunitas atau kesamaannya saja baik antara komunikan dan komunikator, kegiatannya bukan lagi mengkomunikati tetapi lebih dari pada itu orang yang berubah pada penolaknya dan bukan hanya antara orang per orang melainkan jutaan orang. Yang penting disini adalah media massa memegang peranan yang sangat fital.

ARTI, CIRI-CIRI dan FUNGSI KOMUNIKASI :

Yang dimaksutkan komunikasi massa adalah Surat Kabar, Radio, TV, Film, dan sebagainya hal ini perlu kita jelaskan berkali-kali karena sebab sementara ada ahli komunikasi berpendapat :

EVERETT M. ROJERT

‘selain media massa moderen ada media massa tradisional yang meliputi teater rakyat dan juru dagang, pantun dan dongeng.

Dalam dunia penyiaran kita sebagai komunikasi harus punya kapasitas dan kredibilitas.

Aspek penyiaran sangatpenting dengan adanya daya tarik menurut Wernes + Jemes merupakan kemampuan uantuk atau memikat perhatian, ada 3 macam effect komunikasi massa yang didasarkan pada teori :

1. The Power Full Effect Model

model ini berkaitan dengan instinctive S.R

S.R : Stimuli-Respons

Melvin Defleur ® Bullet Theory

Media penyiaran stimuli ( pasangan ) dengan perkasa + seragam diperhatikan untuk massa yang tidak berdaya di tembaki untuk stimuli media massa sehinga disitu terlihat begitu perkasanya media massa mempengaruhi kita.

2. The Linited Effect Model

Media masa memiliki lebih banyak fungsi mempengaruhi khalayak yang membantu keyakinan, khalayak bukan lagi tubuh yang positif Karen khalayak akan menyaring informasi melalui proses yang disebut persepsi selektif atau selective perseption = terpaan selektif = selective axposure / ingatan selektif atau selektif retention.

Ke 3 selektif tersebut menjadi pranata dari efek media  massa sehinga disitu dapat dilihat adanya keter batasan effect dari komunikasi massa.

Propaganda ® budaya adu domba

Propagadis  ® orang yang mempropaganda

Prepager     ® system

3. The Moderat Effect Models

adalah khalayak aktif menggunakan media untuk memenuhi kebutuhan karena penggunaan media adalah salah satu cara memperoleh pemenuhan kebutuhan bagi dirinya terpenuhi media massa memang tidak sepenuhnya dapat merubah sikap seseorang secara yang di pikirkan orang.

Model effect ini disebut uses dan gratification.

Syarat-syaratnya :

  1. berpenampilan prima
  2. volume suara yang standar siaran
  3. berkepribadian kuat
  4. intelektualitas yang tinggi

pengertian peristilahan dalam organisasi produksi ( kusus TV )

  1. Esklusif Produser ® sebutan dari seseorang yang memprakarsai atau memiliki modal produksi paket acara.
  2. Produser               ® orang yang dipercayai oleh eksklusif produser untuk ide atau gagasan.
  3. Direktur                ® program direktur / pengaruh acara atau sutradara ® seseorang yang bertanggung jawab penuh dalam hal teknis produksi.
  4. Audio Director     ® penata suara.
  5. Lightning Director® penata cahaya.
  6. Graffer                 ® ahli penata cahaya.
  7. Set Designer        ® ahli dekorasi.
  8. Set Contration     ® ahli kontribusi.
  9. Graphik Koordinatir® koordinator penyusun grafik.

10.  Tehnical Director ® penanggung jawab teknik.

11.  Talent                   ® ahli rias muka, rambut, asesoris.

12.  Camera Operator  ® juru kamera.

13.  Video Operator    ® juru kamera gambar.

14.  Go-Fe                   ® pembantu umum.

Jaman dibagi 5 dan ditandai dengan :

1. Jaman Penjajahan

ditandai : NIROM = Nederlends Indiche Radio Omrope Mascapay.

2. Jaman Jepang

ditandai : lahirnya lagu Indonesia Raya.

3. Jaman Kemerdekaan

ditandai : adanya atau lahirnya RRI menjadi corong negara untuk proklamasi th 45 ® menjadi alat propaganda negara sudah ada di setiap propinsi di Indonesia.

4. Jaman ORBA

ditandai : televisi pertama ON AIR saat meliput ASEAN GAME ke 4 th 64 di Jakarta.

5. Jaman Renformasi

ditandai : era munculnya Radio swasta PRSSNI ( Persatuan Radio Swasta Seluruh Negara Indonesia ) ® media penyiaran sudah berubah sebagai caranya Pemerintah ® media penyiaran mendapat kontak pemerintah. Penyiaran di Indonesia menguat “Sosial Responsibelity Theory”.

Pengertian Berita :

  1. Berita adalah berita menjelma dalam pikiran manusia. Berita bukanlah peristiwa. Berita adalah suatu yang tampak setelah suatu yang terjadi. Berita bukanlah indentik dengan peristiwa. Berita adalah suatu usaha untuk menyusun kembali kerangka hakiki peristiwa tersebut. suatu kerangka pokok yang disusun supaya peristiwa itu mempunyai arti pada audiens.
  2. Definisi berita menurut Mister

Berita adalah laporan hangat, padat, cermat tentang suatu kejadian,bukan kejadian itu sendiri.

Berta adalah laporan tercepat tentang fakta-fakta atau opini-opini yang menarik atau penting atau tidak penting atau keduanya bagi sejumlah orang.

  1. Berita menurut Prof Miechel V. Chaenley

Berita Elektronik adalah suatu laporan yang terikat waktu dari suatu peristiwa fakta dan pendapat yang sangat menarik yang berarti bagi sekelompok orang yang ditulis dan disusun berdasarkan keterikatan waktu suatu media dan kemampuan audiens dalam menyerap informasi yang disampaikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: